Senin, 28 September 2015

Motivasi Diri Untuk Berprestasi


MOTIVASI DIRI UNTUK BERPRESTASI
Motivasi adalah suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang. Dorongan itu memaksa seseorang untuk bergerak atau bertindak. Sedangkan motivasi berprestasi adalah motivasi yang menyebabkan orang menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari kondisi sebelumnya.
Teori-teori Motivasi yaitu:
1.   Teori Atribusi, menemukan dua fenomenal motivasi
a.  Siswa yang meyakini bahwa sukses dan gagal itu disebabkan oleh factor kemampuan dan usaha dalam dirinya sendiri (factor internal)
b.  Siswa yang percaya bahwa kesuksesan atau kegagalan itu disebabkan oleh factor luar dirinya (eksternal).
2.   Teori Self-worth
Seorang individu belajar dari persepsi masyarakat bahwa seseorang itu dinilai atau dihargai karena prestasinya. Kegagalan akan membuat perasaan diri yang tidak berarti.
3.   Teori ekspektasi
Motivasi seseorang tergantung pada peluang besarnya kemungkinan berhasil bagaimana makna sesuatu keberhasilan itu bagi dirinya.
4.   Teori Humanistic
Setiap orang bergerak dorongan jiwanya karena ingin menemukan kebutuhannya. Kebutuhan yang menggerakan orang bertingkah laku adalah:
a.  Kebutuhan fisik merupakan kebutuhan pokok yang bersifat dasar misal makan, minum, pakaian.
b.  Kebutuhan rasa aman, bebas dari suasana ancaman dan bahaya (safety)
c.   Kebutuhan untuk diterima dan dikasih sayangi (belonging)
d.  Kebutuhan ingin tahu, mengerti dan menyelidiki (intellectual achievement)
e.   Kebutuhan aktualisasi diri/ merupakan diri menjadi apapun yang diinginkan(self actualization)
5.   Teori Menurut Maslow
a.  Kebutuhan dasar (biological needs) :makan, minum, rumah, uang, materi
b.  Kebutuhan rasa aman (safety needs) : aman, tentram, kasih saying, dicintai
c.   Kebutuhan social (social needs) : bergaul, berteman, berkelompok
d.  Kebutuhan harga diri (self esteem needs)
e.   Kebutuhan aktualisasi (actualization needs)
   Implikasi dalam Belajar
         Optimalisasi dalam belajar perlu mengupayakan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusia tersebut. Kondisi yang sehat dan fisik, suasana penuh kasih saying dan keadaan yang aman, ada pengakuan dan penghargaan atas prestasi siswa, membangkitkan rasa ingin tahu, akan mendorong siswa untuk beraktifitas mengembangkan diri.
Secara umum motivasi ada dua yaitu:
a.  Motivasi Instrinsik: dorongan yang bersumber diri dalam diri seseorang
b.  Motivasi ekstrinsik : dorongan untuk melakukan sesuatu yang berasal dari luar dirinya.
Tanda-Tanda orang yang memiliki dorongan kesuksesan tinggi, yaitu:
a.  Lebih suka dan puas terhadap prestasi hasil usaha sendiri’
b.  Memiliki keyakinan bahwa sukses itu bukan karena nasib mujur, tapi hasil perjuangan
c.   Kegagalan bukan berarti sial, tapi karena volume usaha yang masih kurang
d.  Adapun hasil yang akan senantiasa menghadapi masalah bagi saya masalah harus dihadapi bukan dihindari bagaimanapun caranya saya harus menemukan pemecahan yang terbaik.
e.   Bila saya gagal, saya tidak akan putus asa, mencoba mencari tahu apa kesalahan kekurangannya dan mengevaluasinya untuk menjadi pegangan dalam menentukan langkah berikutnya.
f.    Selalu berfikir positif dan berprestasi / optimistic : “masih ada peluang masih ada jalan”


Tidak ada komentar: